Search

Model Data

Hallo sobat ind2906, pada pertemuan ini saya akan menjelaskan apa itu MODEL DATA  .



  Model Data yaitu, Sekumpulan konsep-konsep untuk menerangkan data, hubungan-hubungan antara data dan batasan-batasan data yang khusus dalam organisasi. Tujuan utama dari data model adalah untuk mendukung  sistem informasi dan data. Menurut West dan Fowler (1999) “jika ini dilakukan secara bebas maka data dapat dicapai. Jika struktur data yang sama untuk menyimpan dan mengakses data maka aplikasi yang berbeda dapat berbagi data. Jenis - Jenis Model Data :

A. Model Data Berdasarkan Object
Model data berbasi objek menggunakan konsep entitas, atribut dan hubungan antar entitas. Terdiri dari :
  1. Model Keterhubungan Entitas ( Entity-Relastionship Model )
  2. Model Berorientasi Object ( Object-Oriented Model )
  3. Model Data Semantik ( Semantik Data Model )
  4. Model Data Fungsional ( Functional Data Model )
Model Keterhubungan Entitas ( Entity-Relationship Model ) merupakan model yang paling populer digunakan dalam perancangan basis data.

Entity Relationship Model
Model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan suatu persepsi bahwa real world terdiri dari object - object dasar yang mempunyai hubungan atau relasi antara object - object tersebut.

Komponen utama pembentuk Model Entity - Relationship, Yaitu : Entitas Entity ), Relasi Relation ). Kedua komponen ini dideskripsikan lebih lanjut melalui Atribut / Properti.

Diagram Entity - Relationship ( Diagram E-R )
Model Entity Relationship yang berisi komponen himpunan entitas, relasi, yang dilengkapi atribut - atribut, dapat digambarkan menggunakan Diagram Entity - Relationship (Diagram E-R).
1 

 Dalam Diagram E-R aturan terpenting adalah Kardinalitas relasi / Mapping Cardinalities yang menentukan jumlah entity yang dapat dikaitkan dengan entity lainnya melalui relationship-set. Jenis
Mapping Cardinalities :
  • Relasi satu ke satu ( one - to - one )
  • Relasi satu ke banyak ( one - to - many )
  • Relasi banyak ke banyak ( many - to - many )
contoh Relasi one - to - one index
Contoh Relasi one - to - many 3-model-data-8-638.png Contoh Relasi many - to - many 3-model-data-9-638 Semantic Model  Hampir sama dengan Entity Relationship Model dimana relasi antara object dasar tidak dinyatakan dengan simbol tetapi menggunakan kata - kata (Semantic). Sebagai contoh, dengan masih menggunakan relasi pada Bank X sebagaimana contoh sebelumnya, dalam semantic model adalah seperti terlihat pada gambar diatas.




  ab1


B. Model Data Berbasis Record Model ini berdasarkan pada record untuk menjelaskan kepada user tentang hubungan logic antar data dalam basis data. PERBEDAAN DENGAN MODEL DATA BERBASIS OBJEK Pada record based data model disamping digunakan untuk menguraikan struktur logika keseluruhan dari suatu database, juga digunakan untuk menguraikan implementasi dari sistem database ( Higher level description of implementation ). Model Relational Terdapat 3 data model pada model data berbasis record :
  • Model Relational, Dimana data serta hubungan antar data direpresentasikan oleh sejumlah tabel dan masing - masing tabel terdiri dari beberapa kolom yang namanya unique. Model ini berdasarkan notasi teori himpunan ( set theory ), yaitu relation.

diagram3


  • Model Hirarki, Dimana data serta hubungan antar data direpresentasikan dengan record dan link ( pointer ), dimana record - record tersebut disusun dalam bentuk tree ( pohon ), dan masing - masing node pada tree tersebut merupakan record / grup data elemen dan mimiliki hubungan cardinalitas 1:1 dan 1:M




  • Model Jaringan, Distandarisasi tahun 1971 oleh Database Task Group DBTG ) atau disebut juga model CODASYL Conference On Data System Language ), mirip dengan hirarkical model diaman data dan hubungan antar data  direpresentasikan dengan record dan links. Perbedaan nya terletak pada susunan record dan links nya yaitu network model menyusun record - record dalam bentuk graph dan menyatakan hubungan cardinalitas 1:1 , 1:M dan N:M
3-model-data-19-638 Sekian dari System Basis Data pertemuan ke-3 ini semoga membantu. jika ada pertanyaan komen dibawah ini. Untuk info update artikel terbaru kami ikuti media sosial → ind2906.blogspot.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Model Data"

Posting Komentar